ALPINE ROUTE

ALPINE ROUTE

alpine

Alpin Route adalah rute yang melewati gunung Tateyama ( Toyama Prefecture ). Gunung ini termasuk 3 gunung suci di Jepang, 2 lainnya adalah Gunung Fuji ( Yamanashi Prefecture ) dan Gunung Hakusan ( Ishikawa Prefecture ).
Karena dianggap gunung suci, orang Jepang pada umumnya ingin mendakinya. Perumpamaannya sebagai berikut: bila mereka mendaki dan melihat ke bawah, tampak asap dari Onsen mata air mineral diibaratkan sebagai underworld / neraka karena seram berasap. Kemudian mereka menengok ke atas puncak gunung, tampak cantik putih dan indah karena bersalju, ini diibaratkan sebagai surga. Orang yang sudah mendaki gunung suci ini, berharap apabila meninggal, sudah tahu jalan menuju ke tempat yang indah alias surga.
Yang terkenal dari Alpin Route ini adalah kiri-kanan jalan teronggok gunungan salju tinggi sekali, bisa 2x tinggi bus. Biasa dibuka akhir April sampai Mei untuk melihat hamparan salju tinggi. Lewat dari Mei biasanya salju sudah berkurang.

KUROBE DAM

kurobe dam

Dibangun 1956 – 1963, dengan dana Yen 51,3 milyar. Panjang Dam : 492 m, lebar 139,7 m, tinggi: 186 m.
Dalam kesulitan ekonomi sesudah PD II, Jepang menghadapi krisi energi listrik, karenanya pemerintah berinvestasi mendirikan PLTA yang dinamakan Kurobe Dam. 10 juta orang terlibat dalam konstruksi Dam, dan 171 orang meninggal. Bagian tersulit adalah penggalian Kanden Tunnel Trolley, yaitu melubangi perut gunung dari Kurobe Dam menuju Ogizawa. Tadinya terowongan ini dipakai untuk hilir mudik material untuk mebangun Dam, sekarang dipakai untuk bus tenaga listrik untuk mengantar turis pulang-pergi.

JARAK dan WAKTU TEMPUH

Tour ini biasanya makan waktu 1 hari penuh, umumnya dari Tateyama Cable Car Station ke Ogizawa = 6 – 8 jam.

Yang perlu diperhatikan ( PENTING ), di dalam bus listrik dari Murodo ke Daikanbo = 10 menit dan dari Kurobe Dam ke Ogizawa = 16 menit, kursi di dalam bus sangat terbatas, diprioritaskan untuk para manula, bus memang didesain demikian demi efisiensi, yang lain harus berdiri. Untuk wisata group, lebih baik Tour Leadernya ngomong dulu, karena turis-turis dari Indonesia biasanya enggan naik ke dalam bus karena dikira kursinya sudah penuh, padahal pihak pengelola ingin busnya full dulu baru jalan demi efisiensi mengingat bus ini memakai tenaga listrik dan pengunjung Alpine adalah ribuan, jadi flownya lancar, tidak menunggu terlalu lama.

alpine3

Highlight tembok salju tinggi ada di Murodo, Dam ada di Kurobe Dam.
Flow kendaraan dari Tateyama Cable Car Sta ke Ogizawa :
1. Naik Tateyama Cable Car = 7 menit = 1,3 km dari Tateyama Cable Car Sta ( 475 m) ke Bijodaira ( 977 m). Cable Car ini model di atas tanah pakai rel. Sebagian jalur, elevasi menanjaknya benar-benar menanjak, semua harus berpegangan.
2. Naik Tateyama Highland Bus = 50 menit = 23 km dari Bijodaira ( 977 m) ke Murodo ( 2.450 m ). Tidak perlu stop di Midagahara atau di Tengudaira. Di bus ini semua harus duduk, tidak boleh berdiri. Jalanan berkelok-kelok naik gunung. Detailnya :

  • Bijodaira (977m ) ke Midagahara (1.930m) = 30 menit
  • Midagahara (1.930m) ke Murodo (2.450m) = 20 menit. Bus melewati Tengudaira (2.330m), tidak perlu turun disini

3. Naik Tateyama Tunnel Trolly Bus = 10 menit = 3.7 km dari Murodo ( 2.450 m) ke Daikanbo ( 2.316 m). Bus ini tempat duduk terbatas, sebagian harus berdiri, perjalanan hanya 10 menit saja, lurus tidak berkelok-kelok.

4. Naik Tateyama Ropeway = 7 menit = 1.7 km dari Daikanbo ( 2.316 m) ke Kurobedaira ( 1.828 m). Ropeway ini pakai kabel, berjalan di atas tanah.

5. Naik Kurobe Cable Car = 5 menit = 0.8 km dari Kurobedaira ( 1.828 m) ke Kurobeko ( 1.455 m), Cable Car ini yang model di atas rel. Kursi terbatas, tapi para pengunjung diharuskan masuk demi efisiensi supaya flow tidak terlalu lama menunggu. Perjalanan berdiri hanya 5 menit saja.

6. Naik Kanden Tunnel Trolly Bus = 16 menit dari Kurobe Dam ( 1.470 m) ke Ogizawa ( 1.433 m).

Restoran ada di Midagahara, Murodo, Kurobedaira, Kurobe Dam, Ogizawa, lebih baik makan di Murodo, demi menghemat waktu, karena sebelum makan atau sehabis makan bisa langsung ke Snow Corridor langsung depan restoran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s