NAGAMACHI BUKEYASHIKI

NAGAMACHI BUKEYASHIKI ATO 長町武家屋敷跡
Kanazawa City , Ishikawa Prefecture

nagamachii

Bukeyashiki adalah kampung samurai, mengingatkan kita akan nostalgia rumah kuno Jepang tahun 1800-an. Dari seluruh kompleks ( yang dikitari parit ), yang utuh hanya 1 gang dengan ciri khas tembok lumpurnya. Dari parkiran bus, kita harus berjalan 2 menit lewat jalan kecil ( mobil kecil bisa lewat ), sudah ketemu plang Nagamachi長町 dalam huruf kanji, dan parit kompleksnya. Ikutin jalan mobil, sebelah kanan persis sebelum Nomura House, ada gang ( mobil tidak bisa masuk ), di situlah kampung samurai.

Kanazawa dulunya dipimpin oleh Kaga-clan ( keluarga Kaga ), dengan pemimpinnya Mr. Maeda yang memerintah s/d tahun 1868. Karena Mr. Maeda adalah seorang pemimpin, maka diperlukan samurai untuk menjaganya ( sebagai bodyguard ). Ada 8 samurai yang menjadi inti pasukan, salah satunya adalah Naga Family, yang tinggal di daerah Bukeyashiki ini, maka daerah ini disebut Nagamachi Bukeyashiki. Naga Family sebgai pemimpin pasukan, tinggal bersama middle ranking samurai dan para keluarganya. Salah satunya yang terkenal adalah keluarga Nomura, yang rumahnya sekarang dijadikan museum berbayar ( Yen 500 ), untuk para turis lokal atau international sekedar melihat kehidupan di rumah jaman dulu. Dibagian belakang Nomura House ini juga ada taman kecil tradisional jepang.

bukeyashiki2

Kampung samurai tidak semuanya bangunan kuno. Rumah kuno seperti Nomura House berumur hampir 400 tahun. Tetapi yang istimewa sebetulnya adalah tembok pagar di gang kecil yang terbuat dari lumpur yang dicetak dan dikeraskan dan diberi atap. Pada musim dingin Desember – tengah Maret, untuk menghindari air dan salju, dinding lumpur ini diberi selimut berupa tikar jerami ( bahasa jepang : komo kake ). Tradisi pagar lumpur ini dari jaman dulu dipertahankan sampai sekarang.

bukeyashiki bukeyashiki3

 

Kampung samurai ini adalah rumah pribadi, jadi tidak diperkenankan nyelonong masuk ke rumah orang. Karena ada yang tinggal di dalamnya, sebaiknya para pengunjung tidak berisik.
Di depan Nomura House ada toko camilan kue-kue Jepang, dan toko souvenir. Toilet tidak ada di toko ini, tapi ada di area parkir bus.

Info :

Ashigaru Shiryokan Soldiers Museum:+81-(0)76-263-3640, free entrance, 09:30 – 17:00.

Nomura Family Samurai House:+81(0)76-263-6531, House entance fee Yen 500, April – Sept 08:30 – 17:30, Oct – Maret 08:30 – 16:30.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s