SHIRAKAWA-GO

SHIRAKAWA-GO 白川郷
Shirakawa Village, Gifu Prefecture

– UNESCO World Heritage sejak 1995.
– Terkenal dengan 114 rumah traditional yang disebut ” Gassho-zukuri “, artinya berdoa melipat tangan dalam bahasa Jepang. Disebut demikian karena bentuk atapnya panjang melebihi atap rumah biasa. Atap “Gassho-zukuri” dibuat curam, supaya salju cepat turun / cepat jatuh dari atap.

shirakawago1 shirakawago2

Rumah Gassho memungkinkan ada ruangan luas di bawah atap, jaman dahulu dipakai sebagai gudang barang berharga, misalnya hasil kain sutra.
RumahGassho yang ada sekarang, paling tua berumur sekitar 300 tahun dan masih dihuni sampai sekarang.

SEJARAH RUMAH GASSHO
Th. 1700 : Rumah Gassho dimulai.
Th. 1935 : Arsitek Jerma, Bruno Taut datang ke desa ini dan mengajarkan ke penduduk desa untuk tetap membuat rumah Gassho, karena umumnya rumah traditional Jepang seragam, sedang rumah Gassho itu unik. Karena unik dan lain daripada yang lain, model rumah dan pedesaan ini akan dikenal di dunia.
Th. 1924 : ada total 300 rumah Gassho.
Th. 1955 : banjir karena dam Miboro jebol, rumah Gassho tinggal 167.
Th. 1971 : pemerintah Jepang memulai kampanye :”jangan jual, jangan sewakan, jangan robohkan”.
Th. 1995 : Mendapat Unesco World Heritage. Makin terkenal dengan masuknya Shirakawago sebagai latar belakang TV Drama Jepang.
NOW : rumah Gassho tinggal 114, populasi penduduk 600 orang.
Pedesaan Shirakawa layaknya pedesaan umum lainnya, selain rumah tinggal juga ada toko-toko souvenir yang melayani tourist, onsen ( public bath ), rumah traditional yang dijadikan museum berbayar sehingga tourist bisa melihat display dari rumah Gassho aslinya diantaranya The Nagase House, yaitu rumah museum dari keluarga yang mengerti obat-obatan traditional, bisa melihat diantaranya alat bantu pengobatan dari jaman Edo, The Kanda House, yaitu rumah museum dari keluarga perajin sake, dll. Karcis museum per April 2014 : Yen 300. Pada umumnya tourist berombongan ( group ) tidak masuk ke museum, tapi berjalan-jalan menikmati pedesaan, mengambil foto dan membeli souvenir.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s