TOKYO IMPERIAL PALACE

IMPERIAL PALACE 皇居 ( KOUKYO )
Japan, 〒100-8111 東京都千代田区千代田1−1

Imperial_Palace_Tokyo_Panorama

– Luas : 3.41 km persegi.
Dibangun tahun 1457 oleh Ota Dokan untuk keluarga Edo, bangunan ini kemudian dikenal sebagai Edo Castle. Di jaman shogun Tokugawa berkuasa ( 1603 – 1868 ), renovasi dan perluasan dimulai sehingga Edo Castle adalah benteng terbesar di tahun 1710.
Sejak 1888 berubah nama menjadi Imperial Palace karena kaisar tinggal disini, beliau dan keturunannya masih tinggal disini sampai sekarang.
Pada mulanya, semua bangunan terbuat dari kayu, tetapi semenjak mengalami kebakaran dan di bom pada Perang Dunia II, bangunan disusun dari rangka besi dan batu yang lebih kuat, tetapi model sama mengikuti model asli Edo Castle.
Bangunan di dalam meliputi :

1. Kyuden : bangunan utama seluas 23.000 meter persegi tempat kaisar tinggal. Ruangan terdiri dari 2 lantai atas tanah dan 1 lantai basement. Terbagi diantaranya ruangan untuk menyambut tamu negara atau duta besar, dan 1 ruangan khusus dengan kaca anti peluru dimana kaisar dan keluarga akan menjumpai masyarakat dari balkon kaca anti peluru tiap tanggal 2 Januari ( tahun baru ) dan 23 Desember ( hari ulang tahun kaisar Akihito ).
Balcony / teras kaca anti peluru disebut ruang ” chowa-den”. Interior Kyuden dibuat 2 bagian yaitu ala Jepang dengan lantai tatami dan ala Barat dengan lantai marmer dan kursi sofa.
2. Rumah putra mahkota.
3. Beberapa taman, dengan taman East garden yang paling terkenal dengan luas 210.000 meter persegi.
4. Music Hall.
5. Ruangan tea house untuk upacara minum teh.
6. Museum tempat kaisar menyimpan barang berharga, termasuk koleksi kimono-kimono langka.
Sebenarnya beberapa ruangan di Imperial Palace bisa dikunjungi seperti White House-nya Amerika, tetapi harus daftar dulu dan melewati pemeriksaan yang ketat sebelum memasuki area Imperial Palace. Karenanya tidak ada pengunjung grup yang menjanjikan bisa masuk ke area Imperial Palace, karena appointment yang ketat, itupun appointment bisa dibatalkan apabila ada acara di Istana atau pun ada gejolak politik.

NIJUBASHI BRIDGE
Jembatan penghubung utama dari luar ke imperial palace adalah Nijubashi Bridge, yang merupakan landmark imperial palace dan banyak diambil gambar oleh para turis. Terdiri dari 2 jembatan, yaitu ;
1. dari batu namanya : Seimon Ishibashi ( 1614 ).
2. dari besi namanya : Seimon Tetsubashi ( 1888 ).
Apabila pengunjung datang dari parkir bus, yang dilihat pertama kali adalah jembatan batu Seimon Ishibashi :

imperial p impera

Jembatan besi Seimon Tetsubashi ada di balik jembatan batu itu, terletak sejajar, jadi kalau melihat dari jauh, yang tampak hanya 1 jembatan saja.

KUSUNOKI MASASHIGE ( 1294 – 1336 )

Kusunoki_Masashige

Kusunoki Masashige adalah seorang samurai, ahli strategi perang dan loyalist kekaisaran Jepang Go-Daigo. Kisah patriotik di peperangan dan keteguhannya dalam membela kaisar, menjadikan beliau populer, diantaranya tercantum dalam buku sejarah dan beberapa patung, satu diantaranya diletakkan di taman depan Imperial Palace Tokyo.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s