ASAKUSA TEMPLE / SENSOJI TEMPLE

ASAKUSA TEMPLE 浅草
Address : 〒111-0032 Tokyo, Taito, Asakusa, 2−3−1
Telepon:+81 3-3842-0181
Dikenal juga dengan nama Sensoji Temple 浅草寺 , sesuai dengan nama Kanji-nya. Asakusa adalah nama kecamatan / district tempat kuil berada.
Syahdan, di tahun 698 : 2 orang nelayan menemukan patung Budha ( +/- 5 cm ) di sungai Sumida. Mereka membawanya ke kepala kampung, yang mengenali patung itu sbg Kannon si Dewa Rejeki, kemudian mereka mendirikan kuil untuk tempat bersemayam Kannon.
Asakusa Temple tercatat sebagai kuil Budha tertua di Tokyo.

asaasakusa2

KAMINARI-MON ( Pintu Petir ) 雷門
Aslinya didirikan di Komagata, selatan Tokyo, kemudian dipindah ke Asakusa antara tahun 1192-1333 ( jaman Kamakura ), berikut patung Fujin ( dewa angin ) dan Raijin ( dewa petir ), yang dipercaya orang, bila berdoa disana akan dijauhi dari petir, taifun, banjir dan bencana alam lainnya.
Asakusa Temple terbakar th 1865, direnovasi oleh Konosuke Matsushita ( pendiri dari Matsushita Electric, pemilik brand Panasonic ). Karena sembuh dari sakit sesudah berdoa di Asakusa, selain merenovasi, Konosuke Matsushita menyumbang lampion besar, yang sekarang menjadi landmark dari Asakusa Temple, tempat dimana para pengunjung banyak berfoto. Di bawah lampion bagian bawahnya, ada tulisan kanji Matsushita ( 松下 ), sesuai nama penyumbangnya. Berat lampion 700 kg, tinggi 3,9 meter, diameter 3,3 meter.

Rata-rata pengunjung : 30 juta orang per-tahun.
Disekitar Asakusa Temple, banyak rickshaw dengan penarik rickshaw-nya merangkap guide, umumnya berbahasa Jepang, sangat sedikit sekali yang berbahasa Inggris. Penarik rickshaw umumnya laki-laki, ada sebagian kecil penarik perempuan. Tarif tergantung rute, paling dekat Yen 2.000, bisa sampai Yen 6.500 dengan jarak yang lebih jauh.

asaku

NAKAMIZE-DORI 仲見世通り
Adalah toko-toko di depan kuil, berderet sepanjang 250 meter. Sudah ada sejak awal abad ke-18. Total toko +/- 100 toko, menjual barang souvenir, senbei ( sejenis krupuk ), baju-baju kimono, dll.

仁王門 = Niomon Gate ( nama lama )= sekarang disebut HOZOMON GATE (宝蔵門).

asakusa
Pertamakali didirikan th. 942 oleh Taira no Kinmasa yg menjanjikan pengunjung Sensoji, apabila beliau menjadi kepala daerah Musashi ( Tokyo + daerah sekitar ), akan membangun pintu ini. Keinginan Taira no Kinmasa menjadi kenyataan, maka th. 942 didirikan pintu Niomon ini. Di Niomon Gate, ada patung Nio ( dewa penjaga Budha ), karena itu disebut Niomon Gate.
Terbakar th. 1631, dibangun kembali th. 1636 oleh Iemitsu Tokugawa. Bertahan selama 309 tahun, dan terbakar kembali th. 1945 oleh bom PD II. Th. 1964 dibangun kembali oleh Eitaro Otani, presiden ke-3 dari Asakusa Tourist Federation. Pada masa itu, di loteng dari pintu ini disimpan manuskrip buku dari Hokke-kyo ( Lotus Budha ) dan Issai-kyo yaitu rangkaian beberapa patung Budha. Karena itu, namanya sekarang lebih dikenal sebahai Hozomon gate, yang artinya pintu menuju gudang benda berharga ( the gate for storing treasures ).
Lampion disini disumbang oleh penduduk Funamachi 小舟町 tahun 2003 untuk memperingati hari lahir Edo Periods ( 1603 – 1868 )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s