LINCOLN MEMORIAL – WASHINGTON DC

Image

Desain awal dari patung Lincoln bukanlah seperti yang ada saat ini. Di tahun 1867 pematung Clark Mills merencanakan membuat bangunan setinggi 21 meter, dengan patung kolosal meliputi 6 penunggang kuda, 31 pejalan kaki, dan patung Lincoln sendiri setinggi 3,7 meter sebagai pusatnya. Design awal ini terhenti karena kekurangan biaya.

Saat ini patung Lincoln didesain duduk di kursi dengan 1 tangan mengepal dan 1 tangan lain diletakkan santai di sandaran kursi. Desain patung oleh Daniel Chester, pematung Amerika kelahiran New Hamshire, yang memadukan 28 bagian marmer dari Georgia menjadi 1 kesatuan utuh. Dengan keahliannya patung terlihat berasal dari 1  batu marmer yang besar tanpa sambungan. Tinggi patung adalah 5,8 meter, dengan berat total 159 ton. Semula direncanakan tinggi patung hanya 3 m saja, akan tetapi dirubah menjadi 5,8 m, menyesuaikan dengan luas bangunan yang menaungi patung. Perubahan ini dimaksudkan supaya patung tidak tampak terlalu kecil dibanding koefisien bangunan.

Tulisan di atas patung :

IN THIS TEMPLE
AS IN THE HEARTS OF THE PEOPLE
FOR WHOM HE SAVED THE UNION
THE MEMORY OF ABRAHAM LINCOLN
IS ENSHRINED FOREVER

Image

Gedung Lincoln Memorial terletak di ujung barat The Mall ( arah yang paling dekat dengan sungai Potomac ), didesain oleh Henry Bacon, seorang  arsitek yang berasal dari Illinois tetapi berkarya dan bekerja di New York. Dibangun tahun 1914 – 1922, panjang 57,8 m, lebar 36,1 m, tinggi 13 m. Desain luar gedung meniru kuil Parthenon di Yunani ( 447 – 438 Sebelum Masehi ), yaitu bangunan bergaya Doric Yunani. Disebut demikian, dilihat dari sambungan tiang dan atapnya yang polos tanpa detail rumit. Gaya  bangunan disebut Ionic, apabila ujung tiang yang menempel keatap berbentuk mekar keluar melingkar, seperti rumah siput. Pilar Ionic ini dipakai untuk design pilar di dalam gedung. Ada 2 baris pilar, setap barisnya ada 4 buah tiang Ionic, membagi bangunan kuil ini menjadi 3 ruangan. Ruang tengah dimana  patung Lincoln berada. Sebelah kanan patung ( south chamber ) adalah ruang dimana naskah pidato Gettysburg Address diukir di dinding. Sebelah kiri patung ( north chamber ) adalah ruang naskah pidato fenomenal di saat pengangkatan Lincoln sebagai presiden untuk masa jabatan ke-2 kalinya. Sebagai catatan, ada 1 lagi bentuk tiang gaya kuil Yunani yaitu gaya Corinthian yaitu apabila sambungan tiang dengan langit-langit dipenuhi dengan ukiran rumit, tetapi pilar model ini tidak ada di gedung Lincoln Memorial.

Image

Pilar luar yang mengelilingi Gedung Lincoln berjumlah 36 buah melambangkan 36 negara bagian pada saat meninggalnya Lincoln tgl 15 April 1865. Pilar diatur seperti berikut : sisi panjang 57,8 meter diletakkan 12 tiang, berarti ada 2 sisi panjang = 2 x 12 pilar = 24 pilar. Sisi lebar sepanjang 36,1 meter diletakkan 6 pilar, berarti ada 2 sisi lebar = 2 x 6 pilar = 12 pilar. Jadi, total pilar yang ada di sisi luar gedung ada 36 pilar. Gedung Lincoln ini sesungguhnya dibangun untuk menghormati Lincoln sebagai presiden ke-16 yang sudah wafat dan sebagai simbol nasionalisme di waktu itu. Jenazah Lincoln sendiri tidak dikuburkan disini, tetapi dikuburkan di kampung halamannya di Springfield, Illinois.

Karena negara bagian Amerika berkembang menjadi 48, maka pada tahun selesainya gedung tahun 1922, seluruh nama 48 negara bagian ditulis didinding luar, tidak lagi ditambah jumlah pilar penyangga gedungnya. Dinding tempat ditulisnya nama negara bagian, berada di kolom di atas pilar ( frieze ). Disana ditulis nama negara bagian dan diukir pula tahun bergabungnya ke United States of America. Penulisan angka tahun ini dalam angka Romawi. Pada saat Alaska bergabung pada tgl 3 Jan 1959, dan Hawai bergabung 21 Agustus 1959, ke-2 negara bagian ini ditulis namanya di sebuah plakat nama dan diletakkan di pelataran depan gedung.

Image

Peresmian Lincoln memorial dilakukan pada tanggal 30 Mei 1922. Upacara dipimpin oleh ketua mahkamah agung Amerika ke-10, William Howard Taft, dan peresmian oleh presiden Warren Gamaliel Harding, diikuti oleh rakyat penonton sebanyak 50.000 orang yang berkumpul.

Ada desas-desus atau rumor mengenai patung Lincoln, akan tetapi hal ini dibantah oleh pemerintah Amerika, melalui badan pengelola Lincoln Memorial yaitu National Park Service. Rumor itu adalah :

1.       Posisi tangan dari Lincoln diibaratkan sebagai bahasa isyarat, tangan kiri yang mengepal/mengenggam dalam bahasa isyarat sebagai huruf “A” kepanjangan dari Abraham, dan tangan kanan seakan-akan mengutarakan huruf “L” kepanjangan dari Lincoln. National Park Service menyatakan bahwa tangan mengepal melambangkan keteguhan hati dan kekuatan menghadapi perang saudara Utara-Selatan di tahun 1861-1865. Sedang tangan kanan yang terbuka, menyatakan sifat hangat dan penyayang dari Lincoln.

2.       Pematung Daniel Chester menyembunyikan wajah jenderal Robert E.Lee, pemimpin Konfederasi yaitu wilayah Selatan Amerika yang mendukung perbudakan, di antara pahatan rambut Lincoln. Rumor mengatakan wajah jenderal Robert seakan menatap bekas rumahnya di Arlington House seberang sungai Potomac. Bantahan dari National Park Service, wajah itu merupakan hasil pandangan dan interpretasi imaginasi dari para pengunjung. Rambut Lincoln tidak diukir berdasarkan wajah jenderal Robert E. Lee.

ImageImage

Lincoln Memorial seringkali digunakan sebagai tempat untuk menyuarakan hak-hak sipil warga Amerika khususnya menyetarakan hak warga African-America dan meniadakan diskriminasi rasial. Misalnya yang terkenal :

  1. Tahun 1939, organisasi Daughters of American Revolution ( DAR ), pemilik dari gedung konser Constitution Hall, menolak penyanyi berkulit hitam Mrs. Marian Anderson untuk memperdengarkan suara contralto indahnya. Mendengar penolakan itu, First Lady Eleanor Roosevelt mendukung konser Mrs. Marian Anderson di pelataran Lincoln Memorial pada hari Paskah tgl 9 April 1939, di hadapan 70.000 penonton dan jutaan pendengar radio.  Karier cemerlang Mrs. Marian Anderson pada akhirnya menghasilkan penghargaan Grammy Award Lifetime Achievement, diberikan pada tahun 1991. Penghargaan ini melambungkan namanya sejajar dengan penyanyi lain, misalnya Nat King Cole penerima Grammy Award Lifetime Achievement tahun 1990, dan penyanyi James Brown di tahun 1992.
  2.  Seorang activis African America yang menentang diskriminasi rasial, yaitu Martin Luther King Jr menyuarakan pendapat dengan pidatonya “ I have a Dream” di sini pada tanggal 28 Agustus 1963. Dihadiri oleh sekitar 250.000 pengunjung, pidato ini menyuarakan persamaan hak sipil dalam kehidupan masyarakat dan hak mendapatkan pekerjaan yang sama untuk ras kulit hitam. Untuk mem peringati 40 tahun peristiwa ini, tahun 2003 di anak tangga ke 18 dari patung Lincoln, diukir tulisan “ I have a dream. Martin Luther King Jr. March on Washington for Jobs and Freedom. August 28, 1963”. Ukiran ini tidak dicat, jadi memerlukan sedikit usaha untuk menemukannya.

GETTYSBURG ADDRESS

Gettysburg Address adalah pidato Lincoln yang didedikasikan untuk para prajurit yang gugur dalam peperangan di Gettysburg. Beliau mengungkapkan pula keyakinannya bahwa semua manusia dilahirkan dalam kedudukan yang sama. Berikut naskah pidato-nya :

Four score and seven years ago our fathers brought forth on this continent a new nation, conceived in Liberty, and dedicated to the proposition that all men are created equal.

Now we are engaged in a great civil war, testing whether that nation, or any nation, so conceived and so dedicated, can long endure. We are met on a great battle-field of that war. We have come to dedicate a portion of that field, as a final resting place for those who here gave their lives that that nation might live. It is altogether fitting and proper that we should do this.

But, in a larger sense, we can not dedicate—we can not consecrate—we can not hallow—this ground. The brave men, living and dead, who struggled here, have consecrated it, far above our poor power to add or detract. The world will little note, nor long remember what we say here, but it can never forget what they did here. It is for us the living, rather, to be dedicated here to the unfinished work which they who fought here have thus far so nobly advanced. It is rather for us to be here dedicated to the great task remaining before us — that from these honored dead we take increased devotion to that cause for which they gave the last full measure of devotion — that we here highly resolve that these dead shall not have died in vain — that this nation, under God, shall have a new birth of freedom — and that government of the people, by the people, for the people, shall not perish from the earth.

NASKAH PIDATO LINCOLN DI NORTH CHAMBER

Naskah pidato Lincoln yang terletak di North Chamber adalah pidato beliau di pelantikan masa jabatan yang ke-2, pada tanggal 4 Maret 1865. Pidato diukir didinding, dibagi 3 yaitu sebelah kiri, tengah dan sebelah kanan. Yang menjadi keunikannya adalah proses pengukiran yang tidak sengaja menjadi salah yaitu dari kata “FUTURE” menjadi “EUTURE”. Kesalahan ini sudah dibetulkan, bila diperhatikan dengan seksama, kelihatan bekas revisi ini di baris ke 20 dari atas atau baris ke 16 dari bawah.

Image

Image

Berikut cuplikan pidato yang diukir disebelah kanan, mengungkapkan kegetiran perang saudara ini :

Fondly do we hope—fervently do we pray—that this mighty scourge of war may speedily pass away. Yet, if God wills that it continue, until all the wealth piled by the bond-men’s two hundred and fifty years of unrequited toil shall be sunk, and until every drop of blood drawn with the lash, shall be paid by another drawn by the sword, as was said three thousand years ago, so still it must be said “the judgments of the Lord, are true and righteous altogether

With malice toward none; with charity for all; with firmness in the right, as God gives us to see the right, let us strive on to finish the work we are in; to bind up the nation’s wounds; to care for him who shall have borne the battle, and for his widow, and his orphan—to do all which may achieve and cherish a just, and a lasting peace, among ourselves, and with all nations.

PERANG UTARA – SELATAN  ( 12 April 1861 – 9 April 1865 )

                Perang ini sesungguhnya adalah perang saudara, dimana ada 2 blok yang berbeda pendapat :

  1. Blok Union yang terdiri dari 25 negara bagian Amerika sebelah utara, mendukung penghapusan perbudakan. Blok Union / Blok Utara ini dipimpin oleh Abraham Lincoln, dengan komandan perang Jendral Ulysses S. Grant. Ibukota di Washington D.C.
  2. Blok Konfederasi terdiri dari 11 negara bagian sebelah selatan, mendukung adanya perbudakan. Blok Selatan / Blok Konfederasi dipimpin oleh Jefferson Davis, dengan komandan perang Jendral Robert E. Lee. Ibukota di Richmond, Virginia. Blok Konfederasi menyatakan pemisahan dan mendirikan negara baru ketika Abraham Lincoln yang pro penghapusan budak terpilih sebagai presiden pada tanggal 4 Maret 1861. Negara-negara itu adalah : South Carolina, Mississippi, Florida, Alabama, Georgia,  Louisiana dan Texas. Belakangan 4 negara bagian menyusul : Virginia, Arkansas, Tennessee dan North Carolina, menjadikan total negara Blok Konfederasi berjumlah 11 negara bagian.

Pada masa perang ini, negara-negara lainnya di dunia tidak ada yang ikut campur dan tidak mengakui adanya Negara Konfederasi, mereka sepakat ini adalah perang saudara.

Foto Jendral Ulysses S. Grant:

220px-Ulysses_Grant_1870-1880

Foto Jendral Robert E. Lee :

Robert_Edward_Lee

BIODATA ABRAHAM LINCOLN

Abraham_Lincoln_head_on_shoulders_photo_portrait

Lahir                                      : Kentucky, 12 Februari 1809

Pendidikan                         : Lawyer

Partai                                    : Republik

Periode presiden             : ke 16 masa jabatan 1861 – 1865, terpilih kembali pada pemilihan umum tahun 1864 sebagai presiden untuk  masa jabatan ke-2. akan tetapi Lincoln meninggal pada tahun pertama masa jabatan yang ke-2, tepatnya tgl 15 April 1865 karena ditembak oleh John Wilkes Booth sehari sebelumnya yaitu 14 April 1865 ketika sedang berada di Ford Theatre, Washington.

Istri                                        : Mary Todd 1818 – 1882

Anak                                      : Robert Todd Lincoln 1843 – 1985, Edward Baker Lincoln (Eddie ) 1846 –  1850, Willie Lincoln 1850 – 1863, Thomas Lincoln ( Tad ) 1853 – 1871

JOHN WILKES BOOTH

John adalah seorang pemain sandiwara / aktor, simpatisan dari Blok Konfederasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s